Kamis, 24 Mei 2018

Summary Of Paper IV

Image result for gambar buku catatan



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
   Baiklah pada postingan kali ini saya akan memberikan sedikit summary mengenai beberapa paper-paper yang telah saya baca sebelumnya...

1.  “ KOMUNIKASI SATELIT UNTUK MENINGKATKAN  JARINGAN INFORMASI DI DAERAH TERTINGGAL


             Summary :
   Sistem komunikasi satelit adalah salah satu sarana atau infrastruktur yang dapat digunakan untuk aplikasi boardband multimedia dan pertukaran informasi. Komunikasi satelit sangat didasari oleh teknologi wireless-acces. Oleh karena itu sistem wireless-access direkayasa sedemikian rupa menggunakan sistem komunikasi satelit, sehingga bisa menjangkau masyarakat yang berada di daerah tertinggal/terbelakang. GEO (geosynchronous earth satellite) digunakan sebagai salah satu bentuk Mobile Satellites Services (MSS), karena GEO sangat banyak di gunakan untuk aplikasi yang berhubungan dengan pertukaran informasi baik dari statelit menuju satelit penerima di bumi ataupun sebaliknya. c-band telah banyak digunakan di Indonesia sebagai frekuensi transmisi, oleh karena itu di Indonesia bisa menggunakan ku-band (kuartz-bandwith), karena ku-band rentang frekuensinya lebih lebar dibandingkan dengan c-band yang hanya berkisar 4/6 GHz, sedangkan ku-band berkisar pada frekuensi 12/14 GHz. Mentransmisikan informasi dari satelit GEO yang banyak digunakan adalah dengan menggunakan TDM/TDMA (Time Division Multiplexing/Time Division Multiplexing Access), karena teknologi ini sesuai untuk kebutuhan upstream end client yang berada di lokasi dengan keterbatasan infrastruktur, seperti di Indonesia ini. Sedangkan untuk satelit penerima di bumi digunakan VSAT (very Small aperture terminal) untuk menerima dan mengirim data ke satelit, sedangkan satelit berfungsi sebagai penerus sinyal untuk dikirimkan ke titik lainnya diatas bumi. Sedangkan untuk system Cellularnya tepatnya menggunakan ACeS (Asian Cellular Satelit) yang menggunakan konsep “jaringan akses regional jasa bergerak melalui satelit”, jadi untuk satelit komunikasi selular yang baik digunakan di daerah tertinggal yang tidak memungkinkan pembangunan BTS di daerah tersebut.




2.  “ RANCANG BANGUN PROTOTYPE PANEL SURYA SEBAGAI ALAT PENGUSIR HAMA BURUNG

             Summary :
                     Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi  saat ini, maka kebutuhan manusia terutama petani semakin beragam dan bertambah pula. Bukan hanya benih padi atau macam macam pupuk sekarang petani juga membutuhkan alat yang bisa meringankan pekerjaan mereka diantaranya adalah alat pengusir hama burung. Saat ini petani sering sekali direpotkan oleh burung burung yang selalu memakan padi mereka sehingga hasil panen yang dihasilkan tidak sesuai dengan target para petani, walau mereka sudah menjaga padinya setiap hari mestinya seorang manusia mempunyai rasa lelah. Banyak masalah yang dihadapi petani dalam proses tanam maupun panen, diantaranya adalah masalah hama burung yang selalu memakan tanaman padi petani diwaktu musim panen.

 Alat       pengusir hama burung menggunakan gelombang ultrasonic digunakan khususnya pada area tanaman pedi petani, sehingga dengan bantuan alat ini petani dapat mencegah serangan hama burung di waktu musim panen dan petani dapat mendapatkan hasil panen sesuai target.  Alat ini terdiri dari beberapa rangkaian elektronik di antaranya adalah panel surya, rangkaian kontroller pengecas accu, accu, rangkaian sensor cahaya, rangkaian penguat laser dan rangkaian sensor ultrasonik. dengan perpaduan beberapa rangkaian elektronik di atas maka alat ini efektif dalam mengusir hama burung. Fungsi dari rangkaian penguat laser adalah untuk menggertak burung dengan memancarkan sinar laser ke mata dari burung tersebut, sedangkan fungsi dari rangkaian sensor ultrasonic adalah untuk membuat pendengaran burung kacau dengan menggunakan frekuensi di atas 20 KHz. Dengan perpaduan beberapa rangkaian elektronik di atas maka alat ini efektif dalam mengusir hama burung. Agar mitra dapat dengan mudah menggunakan alat ini maka box dibuat praktis.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar