Kamis, 05 April 2018

Persiapkan Sekarang, Buat Mengejar Cita-Cita !!!!

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

       Pada postingan kali ini saya ingin bercerita mengenai cita-cita saya setelah lulus dari perkuliahan, cita-cita saya setelah lulus dari perkuliahan adalah pengen lanjut ke jenjang S2 tapi karena biaya dan faktor ingin membantu orang tua dan karena saya anak yang pertama juga, sehingga saya mempunyai kewajiban terhadap adik-adik saya baik terhadap dirinya maupun terhadap masa depannya. sehinnga dari sinilah saya lebih memilih melanjutkan ke dunia kerja dari pada harus lanjut ke jenjang S2.
            Sedikit cerita juga bahwa orang tua saya hanyalah seorang petani yang penghasilannya tidak menentu, demi keempat orang anaknya ia rela berpanas dan berhujan hanya untuk bisa melihat anak-anaknya kelak sukses, disini saya selaku anaknya tidak tega lagi membiayai biaya jenjang S2 kepada orang tua saya. makanya saya berpikir untuk kerja setelah menyelesaikan bidang studi Teknik Elektonika Telekomunikasi di Politeknik Caltex Riau.
             Setelah menyelesaikan program studi saya, tempat kerja yang akan saya tuju adalah PT RAPP alasannya adalah Grup APRIL dan anak perusahaannya melaksanakan prinsip 5C yang dipercaya oleh Bapak Sukanto Tanoto. Praktek bisnis harus membawa kebaikan bagi Masyarakat (Community), Pelanggan (Customer), Negara (Country), Iklim (Climate), dan pada akhirnya baik bagi Perusahaan (Company). Dengan demikian, tanggung jawab sosial perusahaan diaplikasikan dalam operasional dan manajemen Grup APRIL untuk memajukan lingkungan dan mengembangkan masyarakat serta untuk memenuhi tanggung jawab sosial korporasi.
            Community Development Department PT. Riau Andalan Pulp And Paper telah melakukan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan di setiap daerah yang berhampiran dengan kawasan pabrik maupun hutan tanam industri dan program CSR RAPP terhitung sebagai salah satu kesuksesan besar yang dicatat baik oleh pihak perusahaan sendiri maupun oleh masyarakat sekitar lokasi perusahaan ini. Sementara berbagai perusahaan besar kerap identik dengan hal-hal negatif seperti kurang memerhatikan masyarakat serta lingkungan sekitar serta tidak memberi cukup kesempatan kerja bagi pelamar lokal, PT Riau Andalan Pulp and Paper justru menjadi satu di antara sekian perusahaan berskala besar yang menerapkan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) secara maksimal.
             Konsep CSR memang sangat berkaitan erat dengan konsep sustainability development (pembangunan yang berkelanjutan). Konsep CSR dengan demikian memiliki arti bahwa selain memiliki tanggung jawab untuk mendatangkan keuntungan bagi para pemegang saham dan untuk menjalankan bisnisnya sesuai ketentuan hukum yang berlaku, suatu perusahaan juga memiliki tanggung jawab moral, etika, dan filantropik. Adanya konsep CSR mewajibkan perusahaan untuk memiliki pandangan yang lebih luas yaitu bahwa perusahaan juga memiliki tanggung jawab terhadap pihak-pihak lain seperti karyawan, supplier, konsumen, komunitas setempat, masyarakat secara luas, pemerintah, dan kelompok – kelompok lainnya. Sesuai dengan pandangan tersebut, konsep CSR berlandaskan pada konsep ‘triple bottom line’, yaitu bahwa tanggung jawab perusahaan berpijak pada 3 dasar, yaitu finansial, sosial dan lingkungan atau yang juga dikenal dengan 3P (people, planet, profit).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar