Rabu, 03 Januari 2018

Layanan Penyedia Cloud Computing untuk IoT ( Internet of Things )


Haihai sobat semuanya, kali ini admin akan memberikan ulasan tentang Cloud Computing untuk IoT ( Internet of Things ) yang akan digunakan untuk mengontrol suatu perangkat IoT dari jarak jauh. Nahhh gan sis udah pada tau apa itu IoT ?? IoT merupakan suatu teknologi yang mengintegrasikan berbagai hal dengan internet menggunakan berbagai macam sensor yang hasilnya diproses menjadi suatu keluaran tertentu. Sensor-sensor yang umum digunakan antara lain: RFID, Infrared, GPS, maupun laser scanner. IOT ini umumnya diaplikasikan dalam dunia transportasi, lingkungan, keamanan maupun juga smart home. 

Gan Sis, untuk melakukan kontrol perangkat IoT kita dengan jarak jauh, maka dibutuhkan sebuah Cloud Computing alias Server untuk perangkat IoT. Sekarang ini banyak perusahaan penyedia layanan yang menyediakan Cloud Computing untuk perangkat IoT. Dan bisnis Cloud Computing ini merupakan bisnis yang menjanjikan karena semakin perkembangan IoT, Cloud Computing akan selalu dibutuhkan. Berikut beberapa perusahaan yang menyediakan layanan Cloud Computing untuk perangkat IoT :

1.Indonesian Cloud
Berdiri pada tahun 2011, Indonesian Cloud bangga menjadi partner khusus vCloud Powered di kawasan ASEAN. Indonesian Cloud memberikan layanan cloud berkelas dunia, dengan ekspertis lokal yang berstandar internasional agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan domestik masyarakat Indonesia. Dari private,dedicated,dan hybrid cloud, divirtualisasikan secara keseluruhan di pusat data, layanan Indonesian Cloud merupakan portfolio lengkap solusi IT termasuk managed services, layanan konsultasi, dan layanan pemulihan pasca bencana /disaster recovery. Ekspertis Indonesian Cloud memandu pelanggannya melakukan transformasi ke cloud melalui solusi terlengkap untuk memenuhi kebutuhan bisnis anda.Berdiri pada tahun 2011, Indonesian Cloud bangga menjadi partner khusus vCloud Powered di kawasan ASEAN. Indonesian Cloud memberikan layanan cloud berkelas dunia, dengan ekspertis lokal yang berstandar internasional agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan domestik masyarakat Indonesia.

2.Xl Axiata

Solusi komunikasi antar mesin yang kini dikenal dengan Internet of Things (IoT) berkembang pesat dan menjawab kebutuhan bisnis di berbagai industri.

XL Digital Services merupakan pionir penyedia layanan IoT sejak Desember 2011. XL Digital Services terus berkembang dan menciptakan inovasi dalam melayani berbagai sektor industri. Sebagai penyedia solusi IoT terbesar di Indonesia, XL Digital Services berkomitmen untuk memudahkan bisnis Anda melalui layanan yang inovatif, berkualitas, dan andal.

XL Digital Services menawarkan solusi IoT mulai dari penyediaan device platform, konsultasi, dan pelaksanaan, dengan didukung oleh tim yang telah memiliki pengetahuan, kemampuan, dan pengalaman. Melalui layanan IoT, XL Digital Services membantu Anda mengurangi resiko bisnis dan menemukan peluang bisnis baru dengan cara yang mudah.

3. Dell Technologies
Divisi IoT baru yang dibentuk perusahaan akan dipimpin oleh CTO VMware, Ray O’Farrell, dan bertanggung jawab untuk menata pengembangan berbagai produk dan layanan IoT di seluruh lini bisnis Dell Technologies. 

Divisi Solusi IoT ini akan menggabungkan teknologi-teknologi yang dikembangkan secara internal dengan beragam penawaran dari ekosistem Dell Technologies guna menghadirkan solusi lengkap bagi para pelanggan. 

“Dell Technologies telah lama melihat peluang dari pesatnya perkembangan dunia IoT, merujuk pada pengalaman panjang perusahaan di pasar komputasi edge,” ungkap Ray O’Farrell, EVP & CTO VMware, dan General Manager Divisi IoT Dell Technologies. 

Divisi IoT baru ini, lanjut dia, akan memanfaatkan kekuatan dari seluruh lini bisnis Dell Technologies untuk memastikan kami menghadirkan solusi yang tepat yang dikombinasikan dengan ekosistem mitra. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan membantu mereka menerapkan sistem IoT terintegrasi dengan lebih mudah. 

Dalam tiga tahun ke depan, Dell Technologies akan menginvestasikan 1 miliar dolar AS untuk pengembangan produk dan solusi, pendirian laboratorium, serta program kemitraan dan ekosistem IoT baru. 

Saat ini, Dell Technologies telah menghadirkan Edge Gateways, yang dapat diamankan dan dikelola oleh VMware IoT Control Center. Server-server Seri-C PowerEdge Dell EMC juga telah disempurnakan untuk pelatihan dan pembelajaran mesin secara bertahap sebagai bagian dari core terdistribusi. Dell EMC Isilon dan Elastic Cloud Storage menyediakan penyimpanan file dan obyek untuk data dalam jumlah besar dan memungkinkan analitik melalui HDFS. 

Pivotal Cloud Foundry (PCF) dan Pivotal Container Service (PKS) menghadirkan platform yang ideal untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi analitik baru berbasis cloud. 

PCF Service dari Virtustream menyediakan Pivotal Cloud Foundry Service terkelola yang menyederhanakan penerapan dan pengoperasian beban kerja cloud mission critical yang dirancang di Virtustream Enterprise Cloud, sedangkan Virtustream Storage Cloud tersedia untuk obyek-obyek penyimpanan cloud off premise. 

Selain itu, Dell Boomi dengan cepat menghubungkan data-data yang relevan untuk meningkatkan kemampuan analitik berbasis cloud dan pembelajaran menyeluruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar