Selasa, 07 November 2017

Praktikum Workshop Aplikasi Internet ( Where,s My Car? )

     Kali ini akan diposting mengenai "cara membuat aplikasi untuk menunjukkan lokasi kita berada menggunakan sensor yang berbasis android, dimana fungsi aplikasi ini adalah untuk melihat lokasi kita berada dan menampilkannya ke android yang kita miliki. Dimana langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Buka aplikasi MIT App inventor dengan klik App inventor, kemudian akan keluar tampilan seperti yang ada pada dibawah ini.



2.   Nah setelah itu buatlah desain pada MIT APP Inventor-nya, dimana untuk dapat membuat desain seperti gambar dibawah ini adalah pilih "Button" dan "Label" yang ada pada menu "User Interface" dan tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.

3.   Nah setelah membuat desainnya, maka langkah selanjutnya adalah klik "BLOCK" yang ada pada sudut kanan atas dan lakukan langkah langkah seperti gambar dibawah ini, dimana pada gambar dibawah ini berfungsi untuk mengetahui lokasi kita berada.
 

4. Lalu buat seperti langkah dibawah ini, dimana untuk membaca lokasi kita berada saat masukkan label "Remember" dan akan disimpan pada database yang kita miliki.


5. Selanjutnya lakukan langkah dibawah ini dimana masukkan "Direction_Button, Call Starter1 dan StartActivity yang digunakan untuk memuat peta kita berada dan meluncurkan lokasi peta kita berada.



6. Nah setelah itu buatlah seperti dibawah ini, dimana sensor location ini dapat mengetahui lokasi tempat kita berada dan pada langkah dibawah ini dapat digunakan untuk membuka atau menutup aplikasi yang kita gunakan.

7.   Nah setelah itu jalankan aplikasi dengan cara pilih menu connect lalu klik A1 companion lalu berkode tampilan menggunakan aplikasi App Inventor pada smartphone yang telah terinstal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar